Selasa, 06 Juli 2010

Agar Hobi Membaca


Ada pepatah mengatakan, tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat. Dari pepatah tersebut, kita di ajurkan untuk terus belajar sampai kapan pun. Nah, jika kita belajar, kita tak akan pernah lepas dengan yang namanya membaca buku. Tapi masalahnya, tak semua orang memiliki minat membaca. Lalu bagaimana menciptakan minat baca tersebut? Mungkin dengan artikel ini bisa sedikit membantu anda untuk menimbulkan minat membaca di dalam diri anda.
  • Sugesti Diri
Motivasi diri Anda bahwa hidup itu singkat dan Anda harus memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. Beri hadiah pada diri sendiri setiap kali Anda sukses menyelesaikan membaca satu buku.
  • Teknik Skim
Skim adalah teknik membaca cepat. Lakukan ini terutama saat membaca Koran dan majalah. Baca habis bagian depan Koran dan lewati bagian yang kurang penting, seperti berita kriminal atau selebriti.
  • Temukan Buku Favorit
Anda bisa memulai dengan berpatokan pada aktivitas yang Anda lakukan sekarang. Misalnya Anda seorang webmaster, Anda bisa membaca buku yang erat kaitannya dengan teknologi. Bisa genre novel, biografi, memoar, atau ensiklopedi.
  • Luangkan Waktu Wajib
Buat waktu membaca Anda. Mulai dari tiga jam setiap minggu hingga satu jam setiap hari. Jika Anda berlatih, lama-lama Anda merasa ada yang kurang jika tidak membaca.
  • Batasi Menonton
Batasi waktu menonton televisi dan beralih membaca.
  • Bawa Buku
Kemanapun Anda pergi, selalu bawa buku. Jangan pernah meninggalkan rumah tanpa buku. Ini melatih Anda untuk tergantung pada buku.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda pribadi maupun bangsa Indonesia pada umumnya agar lebih giat dalam membaca buku. (sumber : astaga.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar